Senin, 15 Februari 2016

AMBEIEN BERDARAH

AMBEIEN BERDARAH __ Ambeien berdarah yaitu adanya urat yang membesar yang terletak di bagian bawah rektum dan anus. Urat-urat tersebut membengkak akibat peningkatan tekanan dalam diri mereka, sebagian besar karena terlalu lama duduk dan kadang terjadi pada masa kehamilan karena tekanan rahim yang membesar.
Ambeien berdarah ada dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Ambeien berdarah internal yaitu adanya tonjolan yang terletak di lapisan dalam rektum namun tidak dapat di rasakan.

Biasanya ambeien berdarah jenis ini tidak terasa nyeri namun dapat menyebabkan pendarahan dengan gerakan usus. Ambeien internal dapat menonjol melalui anus. Ambeien berdarah eksternal berada pada bagian bawah kulit yang mengelilingi anus. Ambeien jenis ini dapat dirasakan karena menonjol dan mnyebabkan rasa gatal pada bagian anus, nyeri, bahkan terjadi pendarahan. Ambeien jennis ini terjadi karena adanya pembekuan darah dalam saluran vena sehingga menyebabkan rasa nyeri yang signifikan.

Ambeien berdarah biasanya dihubungkan dengan konstipasi atau sembelit serta mengejan pada saat buang air besar. Masa kehamilan juga sering dikaitkan dengan ambeien berdarah karena pada masa kehamilan terjadi peningkatan tekanan dalam pembuluh darah hemoroid yang menyebabkan urat-urat yang ada di daerah sekitar anus membengkak. Pada kondisi lain, mislanya pada penyakit hati kronis juga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan saluran vena yang terkait pula dengan pembentukan ambeien berdarah. Ambeien berdarah sangat umum terjadi pada penduduk yang telah lanjut usia.

Gejala yang biasa ditimbukan dari ambeien berdarah ini adalah terjadinya pendarahan tanpa ada rasa sakit, dan saat buang air besar, akan ada darah segar yang keluar di toilet ataupun pada kertas toilet. Pendarahan yang tidak normal sebaiknya diperiksakan ke dokter dan segera diobati agar tidak menjadi kronis.


AMBEIEN BERDARAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar